Pengertian Telemarketing Beserta Strategi Dan Tugasnya

Telemarketing

Pengertian Telemarketing Beserta Strategi Dan Tugasnya – Telemarketing merupakan pekerjaan yang sudah sangat familiar di dalam dunia www.gearspeedpartsstore.com pekerjaan online selama beberapa dekade marketing ini. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang masih belum memahami tentang atau arti dari telemarketing.

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada salah satu di antara kalian yang sedang membaca di sini dan berkarir sebagai atau di bidang telemarketing seperti yang di jelaskan sekarang. Bahkan mungkin ada di antara kalian yang pernah menerima suatu ajakan telepon untuk membuat kartu kredit ataupun pinjaman dari bank.

Jadi yang di maksud adalah mereka yang mengajak kalian untuk menggunakan produk mereka maka hal tersebut di katakan sebagai telemarketing.

Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas persoalan yang mengenai arti dari telemarketing, begitu juga dengan strateginya bahkan akan kita bahas juga tentang tugas apa aja yang harus mereka lakukan di dalam perusahaan tersebut.

Pengertian Telemarketing Di Indonesia

Pada dasarnya telemarketing merupakan salah satu upaya marketing yang di nilai masih efektif selain menggunakan iklan pada media umum. Seperti yang kalian ketahui sendiri marketing merupakan sebuah upaya untuk memasarkan atau mensosialisasikan jasa dan produk dengan berbagai jenis media. Jika kita berbicara tentang telemarketing maka aktivitas tersebut menggunakan telepon.

Dengan menggunakan metode marketing yang menggunakan sistem telemarketing ini biasanya sering di manfaatkan oleh beberapa perusahaan besar untuk menawarkan atau mensosialisasikan produk dan jasanya. Banyak sekali ahli pemasaran yang menganggap bahwa penawaran dengan cara menggunakan metode telemarketing ini cenderung lebih mudah untuk di terima oleh para calon pelanggannya karena bersifat dengan menggunakan pembicaraan langsung pada calon pelanggannya.

Namun telemarketing sendiri juga bisa berdampak negatif jika targer pasar atas suatu produk yang di tawarkan bukanlah seorang pelanggan potensial. Apalagi sumber daya telemarketing tersebut melakukan penawarannya secara memaksa kepada calon pelanggan. Untuk menghindari hal seperti ini, maka ada beberapa hal yang atau strategi yang bisa di gunakan dalam mencapai kesuksesan dalam menjalankan bidang telemarketing.

Strategi Ampuh Untuk Telemarketing

Jika kalian sudah paham akan pengertian dari telemarketing maka kalian bisa lanjut ke pembahasan selanjutnya, seperti memahami apa saja strategi yang ampuh untuk menjalankan metode telemarketing ini.

  • Pahami Produk Dengan Baik
    Dalam menjalani pekerjaan dalam bidang ini maka kalian harus mampu untuk memahami berbagai jenis produk yang akan kalian pasarkan nantinya. Hal tersebut akan sangat membantu kalian dan membuat kalian semakin unggul ketika menawarkan barang tersebut kepada calon pelanggan. Pahami kegunaan dan manfaat dari barang yang akan kalian tawarkan nantinya. Maka nanti calon pelanggan kalian akan merasa yakin dan berniat untuk membeli produk tersebut.
  • Bersikap Sopan Dan Ramah Kepada Pelanggan
    Sikap merupakan hal paling dasar dalam semua kegiatan di dunia ini, jika kalian memiliki hal ini maka tidak perlu di ragukan lagi kalian akan memiliki karisma yang mampu untuk menarik atau yang biasa di sebut dengan daya tarik terhadap pelanggan nantinya. Contohnya jika telemarketing pastinya menggunakan telepon, jadi kalian harus menggunakan suara dengan intonasi yang baik dan rendah sehingga pelanggan kalian akan merasa tidak terganggu ataupun risih.
  • Berikan Pertanyaan Yang Efisien
    Dalam melakukan berbagai jenis pertanyaan maka kalian harus bisa mengatur waktu tersebut dengan padat, jelas dan singkat sehingga hal ini akan terlihat sangat efisien. Seperti yang kalian ketahui sendiri bahwa jika berbicara melalui telepon tidak selalu memilliki waktu yang panjang. Jadi persiapkan berbagai pertanyaan kalian dengan baik dan susunlah hal tersebut sebelum masuk kedalam proses penawaran tersebut.

Tugas Dan Tanggung Jawab Telemarketing

Banyak sekali produk yang biasanya menjadi pasar telemarketing, yaitu mulai dari penawaran kartu kredit, asuransi perbankan, voucher hotel, paket wisata, jasa training provider, jasa teknik dan masih banyak lagi jenis lainnya yang berhubungan dengan berbagai jenis jasa dan kebutuhan sehari – hari. Berikut seperti di bawah ini merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus di miliki oleh para telemarketing.

  • Follow Up Pelanggan
    Selain melakukan tawaran jasa dan produk ke pelanggan, maka kalian juga harus melakukan kegiatan seperti melakukan follow up pada calon pelanggan atau pembeli yang sebelum nya memang sudah pernah membeli sesuatu dengan kalian. Contohnya, kalian bisa menanyakan apakah mereka puas dengan produk sebelumnya serta apakah mau coba produk lain jika tidak puas.
  • Menjelaskan Produk Yang Akan Di Jual
    Sebelum kalian menanyakan apakah calon pelanggan kalian ingin membeli produk yang sedang kalian tawarkan, maka lebih baik kalian menjelaskan terlebih dahulu produk atau jasa yang akan kalian tawarkan kepada calon pelanggan kalian. Jadi jika kalian menjelaskan kualitas dan kegunaan dari produk tersebut maka kalian bisa membuat calon pelanggan semakin yakin bahkan mereka juga berminat untuk membeli produk yang di tawarkan oleh kalian.
  • Menerima Permintaan Pembelian Dari Pelanggan
    Banyak sekali pelanggan yang melakukan permintaan terhadap produk atau jasa yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari – hari. Maka dari itu kita harus bisa mengambil keputusan tersebut dengan baik dengan cara menerima berbagai permintaan dari calon pelanggan agar mereka merasa bisa bekerja sama dengan kita sehingga bisa meningkatkan hubungan kerja sama yang baik.
Mengapa Perusahaan Membutuhkan Telemarketing ?

Jika di lihat seperti sekarang ini sudah banyak sekali sarana promosi dan penjualan yang dilakukan oleh pengusaha. Mengapa masih banyak perusahaan yang masih banyak menggunakan sistem telemarketing di dalam penjualan mereka ? Karena banyaknya kompetisi di dalam bisnis yang semakin ketat dengan para kompetitor, akan menuntut para perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnis dan berupaya untuk bertahan di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis.

Bahkan banyak sekali kondisi di mana pasar selalu di tuntut untuk terus memperbaharui berbagai jenis produk mereka agar bisa mencukupi kepuasaan dari para pelanggan mereka. Maka Telemarketing akan melakukan hal tersebut dan memberikan informasi tentang produk yang mereka tawarkan dalam waktu yang singkat.

Pasti komunikasi akan terjalin dengan baik dengan calon pelanggan jika telemarketing tersebut mampu memberikan informasi seperti kualitas dan kegunaan dari produk yang di tawarkan tersebut. Dengan begitu maka para perusahaan akan mampu menjalin kerja sama antar calon pelanggan mereka kedepannya.

Bagaimanapun juga, pendekatan dengan manusia ini tidak bisa terganti dengan teknologi. Dilansir dari laman Forbes, 86% lebih sukan berkomunikasi dengan manusia daripada dengan chatbots. Untuk itu, telemarketing merupakan metode yang masih dibutuhkan oleh perusahaan.

Namun, perusahan juga tidak bisa menggantungkan kesuksesan perusahaannya hanya dengan mengandalkan telemarketing, karena perusahaan juga harus memerhatikan hal lain, seperti dalam hal manajemen produk, dan manajemen keuangan perusahaan.

Semoga dengan sedikit informasi yang sudah di berikan seperti penjelasan, pengertian, strategi, dan tugas dari telemarketing, bisa bermanfaat untuk kalian semua ya. Terutama yang sedang berkarir dalam bidang pekerjaan ini. Masih banyak lagi kelebihan yang bisa kalian temui di berbagai jenis referensi lainnya. Terima kasih.

Recommended Articles